Kamis, 06 Juni 2013

Membersihkan Talang Agar Rumah Tak Bocor


 detail berita

Di kala musim hujan tiba, talang pada bagian atap rumah jangan sampai terabaikan. Sebab, kotoran yang menumpuk di talang akan menghalangi aliran air hujan.

Jika ini terjadi tentunya perbaikan rumah yang harus Anda lakukan akan memakan biaya yang lebih besar, sebab, air hujan yang terus tertampung lama-kelamaan akan merusak talang tersebut, mengakibatkan kebocoran dan merembes pada dinding rumah.

Berikut ini beberapa cara membersihkan talang air yang bisa Anda lakukan segera, seperti dikutip laman Common Floor, Senin (24/12/2012):

1. Bersihkan daun-daun kering yang masuk ke dalam talang. Jika daun-daun ini tidak dibersihkan dapat menyumbat talang, sehingga air hujan menggenang kemudian bisa merembes ke dinding.

2. Jika talang air tidak begitu tinggi, Anda bisa naik ke atas atap dengan menggunakan tangga. Berharti-hatilah dan jaga keseimbangan badan Anda.

3. Agar air hujan dari talang bisa mengalir ke bawah, Anda bisa menyambungkannya dengan pipa ular atau talang vertikal.

Untuk talang vertikal Anda dapat menggunakan pipa diletakkan menempel di depan dinding dan diklem kuat. Klem nya memang tidak terlalu indah dilihat, tapi klem ini dapat diberi warna tertentu sehingga dapat menjadi aksen dinding. Tugas talang vertikal untuk mengalirkan air dari talang horisontal untuk sampai ke permukaan tanah.

Talang vertikal bisa menyalurkan air hujan ke saluran air agar tidak menggenai permukaan tanah. Pertemuan antara talang vertikal dengan saluran air, dibuat bak kontrol.